Anak Indigo dan Tanda Tanda Zaman

21 Januari 2017 / Artikel Lukisan / 0 Comments /

“Engkau tidak bisa membayangkan Tuhan, karena Tuhan melampaui imajinasimu. Apapun yang engkau bayangkan tentang Tuhan dengan pikiran manusia, sains dan juga teknologi, Tuhan akan berbeda dengan apa yang bisa dijangkau oleh semuanya itu.”

Anak Indigo, siapakah mereka?

Memiliki keistimewaan memang bukan sebuah keinginan setiap individu akan tetapi lebih menjadi sebab pilihan yang telah menjadi takdir. Tidak selamanya keistimewaan dapat diterima oleh setiap individu apalagi bagi anak-anak yang memiliki keistimewaan panca indera atau lebih dikenal dengan anak indigo. Kesulitan adaptasi dengan kelebihan yang dimilikinya seringkali membuat anda kesulitan dalam memahami mereka. Adapula yang menyebutkan bahwa anak indigo adalah mereka yang memiliki kemampuan di luar batas anak normal lainnya. Sehingga dalam beberapa kasus ditemukan anak yang tumbuh di keluarga yang menggunakan bahasa Indonesia justru sangat fasih dalam menggunakan bahasa asing (inggris) pada awal mula dia bisa berbicara tanpa ada yang memberikan pelajaran khusus.

Istilah “anak indigo” atau indigo children merupakan istilah baru yang ditemukan konselor terkemuka di Amerika Serikat Nancy Ann Tappe pada tahun 1970-an. Nancy Ann Tappe adalah anak seorang cenayan terkemuka dan mengaku memiliki kemampuan untuk bisa melihat aura seseorang. Dan ketika itu dia melihat anak-anak dengan aura indigo yang belum pernah ada sebelumnya.

Indigo adalah warna nila, biru gelap. Anak indigo adalah anak yang memiliki lapangan aura berwarna nila. Cara berpikirnya yang khas, pembawaannya yang tua, membuat anak indigo tampil beda dengan anak sebayanya. Pandangan aura yang dimilikinya membawa kepada suatu karakteristik perilaku unik. Secara fisik anak indigo sama sekali tidak berbeda dengan anak lainnya.

Lewat bukunya Understanding Your Life Through Color, Nancy Tappe membuat klasifikasi manusia berdasarkan warna energy atau cakra. Cakra adalah pintu-pintu khusus dalam tubuh manusia untuk keluar masuknya energy. Konon ada 7 cakra, yaitu cakra mahkota ada di puncak kepala, cakra Ajna ada di antara dua alis, cakra tenggorokan di tenggorokan, cakra jantung di tengah dada, cakra seks ada pada tulang pelvis dan cakra dasar ada di tulang ekor.

Anak indigo memiliki keunggulan pada cakra Ajna (the thrid eyes atau mata ketiga) yang berkaitan dengan kelenjar hormone hipofisis dan epifisis di otak. Adanya mata ketiga inilah yang membuat anak indigo disebut memiliki indra keenam bahkan memiliki kemampuan supranatural. Mereka dianggap memiliki kemampuan menggambarkan masa lalu dan masa depan. Tak hanya dari itu mereka juga memiliki kemampuan melihat makhluk-makhluk astral.

Satu hal yang penting dan perlu digaris bawahi adalah, tidak jarang anak indigo salah diidentifikasi. Mereka sering dianggap sebagai anak LD (Learning Disability) ataupun anak ADD/HD (Attention Deficit Disorder/Hyperactivity Disorder). Perbedaannya adalah ketidakajegan munculnya perilaku yang dikeluhkan. Misalnya pada anak indigo, mereka menunjukkan keunggulan pemahaman terhadap aturan-aturan sosial dan penalaran abstrak, tetapi tak nampak dalam kesehariannya, baik di sekolah maupun di rumah.

Dalam klasifikasi yang baru, Nancy membahas warna indigo yang muncul kuat pada aura anak-anak yang lahir setelah 1980. Namun pada sumber yang lain dikatakan bahwa yang termasuk ke dalam kategori anak/dewasa indigo tidak terbatas hanya pada anak-anak yang terlahir pada era 80-an saja namun sebagia ahli yang lain menyatakan pula bahwa anak atau seseorang yang terlahir seratus tahun yang lalu (era 1900) hingga era sekarang yang memiliki warna aura Nila atau Indigo juga bisa disebut sebagai anak/dewasa Indigo.

Anak-anak Indigo ini lahir karena mereka yang akan “mewarisi” dunia baru, yaitu dengan bergantinya Zaman Pisces ke Zaman Aquarius. Zaman Aquarius itu sendiri ditandai dengan munculnya keinginan untuk menjadi lebih spiritual lagi. Spiritual di sini bukan berarti “religius” namun lebih ke arah mendalami religi itu untuk menemukan kebenaran sejati.

Menurut dr. Tubagus Erwin Kusuma SpKj, psikiater yang menaruh perhatian pada masalah spiritualitas, anak-anak seperti itu semakin muncul di mana-mana di dunia, melewati batas budaya, agama, suku, etnis, kelompok, dan batas apa pun yang dibuat manusia untuk alasan-alasan tertentu.

Fenomena anak indigo makin banyak muncul di tengah masyarakat. Sayang, hingga saat ini belum banyak yang memberikan perhatian bagi pendidikan anak-anak berbakat yang diyakini memiliki indra keenam itu.

Fenomena itu menarik perhatian banyak pihak, karena dalam paradigma psikologi manusia, anak-anak itu dianggap “aneh”, seperti pada film “The Sixth Sense”. Pandangan ini muncul karena selama ini kemanusiaan terlanjur dianggap sebagai hal yang statis, tidak pernah berubah. Padahal, semua ciptaan Tuhan selalu berubah.

Sebagai hukum, masyarakat cenderung memahami evolusi tapi hanya untuk yang berkaitan dengan masa lalu. “Fenomena munculnya anak-anak dengan kemampuan seperti itu merupakan bagian dari evolusi kesadaran baru manusia, yang secara perlahan muncul di bumi, terutama sejak awal milenium spiritual sekitar tahun 2000 yang disebut Masa Baru, The New Age, atau The Aquarian Age.

AURA DAN CAKRA

Aura manusia tak pernah tanpa warna. Walaupun intensitas dan distribusi warna-warna dalam aura dapat sangat berbeda. Aura lazimnya dicirikan oleh sebuah oleh sebuah warna dominan dalam struktur aura yang mantap. Karenanya anak indigo adalah anak yang memiliki aura dominan indigo (biru keunguan).

Warna aura seseorang jelas sangat mempengaruhi kehidupannya. Aura merupakan catatan pribadi sejarah hidup seseorang karena dapat menyajikan informasi penting yang tidak tersedia melalui sumber-sumber lain. Terdapat banyak bukti lain yang menyatakan bahwa kejadian-kejadian di masa depan, baik yang positif maupun yang negatif, dapat direkam dalam aura. Dengan hanya “melihat” aura tersebut kita dapat mengaktifkan kemampuan supernatural kita, misalnya telepati.

Aura, secara umum, bisa juga diartikan sebuah getaran energi yang menyelubungi seluruh tubuh manusia. Kalau dibayangkan, aura seperti lapisan atmosfer yang menyelimuti tubuh manusia. Aurapun ternyata berlapis-lapis dan secara umum dikenal adanya lapisan astral, lapisan metal dan lapisan spiritual.

Cakra merupakan sebuah generator (pembangkit). Generator tersebut menghasilkan getaran-getaran yang membentuk aura tersebut. Cakra dibagi menjadi 2 bagian, cakra mayor dam cakra minor.

Seperti sudah saya utarakan di atas, cakra mayor dikenal ada 7 : Cakra mahkota terletak di atas ubun-ubun berwarna ungu; Cakra Ajna terletak di depan tengah alis mata berwarna indigo; Cakra jantung di depan dada berwarna hijau; Cakra Solar Plexus di ulu hati berwarna kuning; Cakra Tentien terletak di bawah pasar berwarna orange dan Cakra Dasar terletak di ujung tulang ekor bawah berwarna merah.

CIRI-CIRI DAN TIPE ANAK INDIGO

Deskripsi anak indigo mencakup keyakinan kalau mereka lebih empatis, punya rasa ingin tahu yang tinggi, berkeinginan kuat, independen dan sering dinilai teman atau keluarga sebagai anak yang aneh; memiliki naluri definisi dan tujuan diri yang jelas; dan juga memiliki kecenderungan pada masalah spiritual semenjak kanak-kanak.

Berikut ciri-ciri anak Indigo berdasarkan fisik dan psikologis:

  1. Memiliki jiwa yang tua

Anak indigo memiliki jiwa yang cenderung lebih tua dibanding dengan usia sebayanya. Sebagian dari mereka ada yang menunjukkan pertumbuhan jiwa di usianya yang masih bayi dalam memahami kemampuan berfikir, memahami benda-benda dan karakter orang dewasa. Bahwa perkembangan jiwa yang tumbuh cepat mempengaruhi pertumbuhan fisik seperti tumbuhan gigi dan kemampuan motorik yang lebih cepat dibandingkan dengan keadaan normalnya.

  1. Bentuk kepala yang memiliki ciri khas

Bentuk fisik yang mungkin anda lihat adalah kepala yang sedikit lebih besar dari anak seusianya terutama terlihat jelas pada bagian lingkar kepala, dahi dan kening yang lebih lebar. Kuantitas otaknya lebih besar dikarenakan mempunyai kemampuan dalam menganalisis panca inderanya.

  1. Bentuk daun telinga

Anak indigo dapat dilihat dari daun telinga yang memiliki perbedaan ketimbang anak lainnya seperti bentuknya yang sedikit keluar dari kepalanya, telinganya lebih memanjang di bagian ujung atas dan menekuk bagian cuping bawahnya. Hal ini terjadinya karena kepekaan dalam pendengarannya di atas normal.

  1. Mata yang lebih tajam

Anak indigo memiliki tatapan mata yang tajam dan dalam apalagi di bagian pupil lebih besar dibanding dengan anak normalnya, sehingga terkesan memiliki sedikit ruang warna putih. Dengan mata yang tajam seperti ini anak indigo memiliki kemampuan supranatural dalam melihat dimensi-dimensi lain yang tidak kasat mata.

  1. Tanda Kelahiran

Pada anak-anak indigo sering kali ditemukan tanda-tanda kelahiran yang aneh seperti yang terdapat di dahi, atau kedua matanya. Warna tanda kelahiran anak indigo biasanya cukup jelas seperti warna lebam, bekas pukulan.

  1. Bagian tubuh yang sakit

Dalam beberapa kasus anak yang mempunyai keistimewaan ditemukan pernah mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan kemudian lambung yang melemah. Hal ini dikarenakan adanya stress dalam berpikir yang keras yang tidak dikehendaki sehingga memerlukan energi yang besar. Sedangkan lambung yang lemah dikarenakan produksi asam lambung yang meningkat ketika anak indigo stress.

  1. Kepribadian emosional

Anak indigo memiliki empati yang tinggi disebabkan karena kepekaan yang berlebih pada lingkungannya. Anak indigo juga memiliki rasa marah yang mendesak sehingga menjadi semangat dalam memperbaiki keadaannya. Terkadang anak indigo mendengar suara yang diluar batas kemampuannya sehingga menjadikan dirinya pribadi yang berubah-ubah.

TIPE ANAK INDIGO

Ada 4 macam anak indigo:

  1. Humanis

Anak indigo tipe ini akan bekerja dengan orang banyak. Anak tipe ini mempunyai kelebihan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Biasanya mereka menggunakan kemampuannya untuk menolong orang lain. Kecenderungan karir merek di masa datang akan menjadi dokter, pengacara, guru, pengusaha, politikus atau pramuniaga. Perilaku yang menonjol saat ini adalah hiperaktif, sehingga perhatiannya mudah tersebar. Mereka sangat sosial, ramah, dan memiliki pendapat yang kokoh.

 

  1. Konseptual

Anak indigo tipe ini lebih enjoy bekerja sendiri dengan proyek-proyek yang ia ciptakan sendiri. Mereka amat menonjol dalam merancang suatu program. Misalnya dalam rangka menyelamatkan perusahaan yang akan bangkrut atau membuat usaha baru yang booming dan mendatangkan keuntungan finansial bagi banyak orang. Contoh karir mereka di masa depan adalah sebagai arsitek, perancang, pilot, astronot, prajurit militer. Perilaku yang menonjol adalah suka mengontrol perilaku orang lain.

 

  1. Artis

Anak indigo tipe ini menyukai pekerjaan di bidang seni. Perilaku yang menonjol adalah sensitif dan kreatif. Mereka mampu menunjukkan minat sekaligus dalam 5 atau 6 bidang seni, namun beranjak remaja minat mereka terfokus pada satu bidang saja yang dikuasai secara baik.

 

  1. Interdimensional

Anak indigo tipe ini yang memiliki ketajaman indera keenam di masa yang akan datang menjadi seorang filsuf, pemuka agama. Dalam usia 1 atau 2 tahun, orang tua merasa tidak perlu mengajarkan apapun kepada mereka karena mereka sudah mengetahuinya.

 

Indigo Sebagai Sebuah Fenomena

Apakah indigo sebagai sebuah anugerah? Atau kelebihan tertentu? Bisa jadi dibalik anugerah itu ada sebuah tanggungjawab yang harus dipikul oleh mereka. Seperti seseorang yang dikaruniai ilmu oleh Tuhan kemudian harus menyebarluaskan kepada orang lain. Lalu seperti apa tanggungjawab yang dibebankan kepada para indigo?

Secara nyata di masyarakat kita ini fenomena apapun yang sedikit aneh selalu menarik perhatian masyarakat. Mayoritas orang yang meyakini fenomena indigo beranggapan bahwa anak indigo adalah anak special yang lahir ke dunia dengan misi untuk “menyelamatkan dunia”.

Pada kenyataanya, banyak sekali pihak baik yang memiliki background mistik atau paranormal maupun yang memiliki background akademis beramai-ramai membuat kategorisasi sifat-sifat/ciri-ciri tersebut. Dan apabila ciri-ciri tersebut terpenuhi maka anak tersebut dinyatakan sebagai anak indigo dengan harapan dan tujuan membebani si anak dengan sebuah tanggungjawab yang berasal dari keyakinan masyarakat bahwa si anak tersebut memiliki misi sebagai penyelamat dunia yang sudah sangat ruwet ini.

Beberapa ahli berpendapat bahwasanya keberadaan anak indigo di dunia ini adalah menjadi pemimpin dalam rangka mengemban misi Mesiah dan menjadi pemimpin generasi berikutnya. Mereka memiliki kecerdasan spiritual yang sangat tinggi dan bahkan cukup sulit dimengerti oleh banyak kalangan. Sehingga justru sering menimbulkan kesalahpahaman atau malah sering disalah gunakan.

Anak indigo merupakan fenomena yang lumrah sesuai dengan evolusi manusia. Jika dahulu dari manusia pieticentropus menjadi homosapiens seperti sekarang ini. Setiap pergantian masa selalu disertai oleh perubahan manusia baru. Dan saat sekarang ini dunia sedang membangun peradabannya dengan tipe manusia baru, yang lazim kita sebut sebagai anak indigo, yang mungkin dapat meningkatkan peradaban yang sedang kita lalui bersama sekarang ini.

Indigo banyak memiliki kemampuan di luar nalar. Misalnya dia bisa melihat dan berdialog dengan makhluk astral di alam lain yang tidak bisa dilihat orang lain atau mendadak piknik keluarga yang sudah dirancang matang jauh hari sebelumnya batal gara-gara dia merasakan akan mendapat rintangan atau kecelakaan dalam perjalanan. Ada juga yang bisa mendengar hal-hal yang tidak bisa didengar oleh orang lain/

PENUTUP

Tulisan pendek ini sengaja dihadirkan sebagai penyerta sekaligus pengantar untuk sedikit memahami karya-karya yang akan disajikan oleh Edo dalam pameran kali ini. Sebab Edo menurut amatan saya – dari perjumpaan yang singkat dan kemampuan yang dia suguhkan di depan mata saya – merupakan salah satu anak yang bisa dikategorikan sebagai anak indigo.

*****

Catatan : Weye Haryanto



0 Comments

Tinggalkan Balasan